Menurut Para Peneliti Youtube Berperan Tumbuhkan Pengikut Teori Bumi Datar

Youtube Membuat Pengikut Teori Bumi Datar Bertambah - Youtube menjadi media yang memang bisa diakses oleh semua kalangan, bahkan ada beberapa yang pro atau kontra. Pengguna bisa berekspresi dengan apa yang ia tonton hingga akhirnya menjadi sebuah kesimpulan yang dianggapnya benar. Salah satunya adalah teori bumi datar di youtube.

Youtube dan Teori Bumi Datar

Belakangan ini banyak sekali video-video yang menggambarkan teori bumi datar atau bulat? Banyak yang menyebut karena algoritma youtube yang membimbing seseorang ke topik yang mereka inginkan memudahkan pengunjung berakhir di lubung misinformasi.

Para peneliti yang terlibat dalam studi ini mengatakan, YouTube harus bekerja keras untuk memastikan pengunjung situs itu mendapatkan informasi yang akurat. "Banyak informasi yang bermanfaat di YouTube tetapi tak sedikit yang salah," kata Profesor Asheley Landrum dari Texas Tech University kepada harian The Guardian.

"Meyakini Bumi datar sebenarnya tidak masalah, tetapi biasanya keyakinan itu dibarengi rasa tidak percaya terhadap sejumlah institusi dan secara umum pemerintah," tambah Landrum. Riset ini juga menyimpulkan YouTube biasanya mengarahkan pengunjung ke video-video soal Bumi datar setelah seseorang menyaksikan video tentang teori konspirasi.

Beberapa orang mengatakan, awalnya mereka menonton video itu untuk mengkritisi tetapi akhirnya mereka kalah dari argumen yang lebih terlihat masuk akal. Hasil penelitian Profesor Landrum ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Asosiasi untuk Kemajuan Sains akhir pekan lalu.

Landrum mengatakan, seharusnya para ilmuwan memproduksi video YouTube sendiri untuk meredam klaim Bumi datar dan berbagai teori konspirasi lain. "Satu-satunya cara adalah kita harus memerangi misinformasi itu dan mencoba membanjiri YouTube dengan informasi yang benar," kata Landrum.

0 Response to "Menurut Para Peneliti Youtube Berperan Tumbuhkan Pengikut Teori Bumi Datar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel